Susur Kali Perbatasan Mojokerto dan Sidoarjo dengan Sepeda - Pedal to Travel

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday, December 27, 2022

Susur Kali Perbatasan Mojokerto dan Sidoarjo dengan Sepeda

Selamat Pagi. Hari ini Saya gowes mengunjungi dua tempat, yakni Pulo dan Rolak Songo. Saya berangkat melewati Long Storage Kalimati, setelah melewati gapura batas kabupaten, Saya belok kiri mengikuti jalan di tepi kali.

Pepohonan di Pulo yang membuatnya terasa adem meski berada di antara Mojokerto dan Sidoarjo yang dikenal panas.

Mengenai nama tempatnya, Pulo bisa jadi disebut oleh warga sekitar karena letaknya berada di antara dua sungai. Sebelah selatan ada cabang  kali Brantas yang mengalir ke porong dan di sisi utara ada sungai untuk irigasi. Jadi mungkin itulah sebabnya warga menamainya Pulo.

Pulo ini letaknya ada di sebelah barat dari Staisun Tarik yang lebih populer bagi khalayak umum. Memang agak jauh. Kalau mau ke tempat ini ikuti saja petunnjuk yang diberikan oleh peta. Saya sendiri ke sini berbekal petunjuk dari peta.

Di Pulo ini ternyata ada tanah lapang yang luas sekali. Saya coba mengitarinya, ternyata ada jalan setapak yang telah dipaving, saya gowes mengikuti jalur ini. Entah untuk apa sepertinya tempat ini pernah direncanakan untuk dibangun sesuatu. Saya sendiri melihat ini jadi tertarik untuk camping di sini. Ya mungkin esok lusa Saya akan ke sini lagi untuk camping, menginap semalam saja.

Lanjut gowes. Tidak jauh dari Pulo ini ada Dam besar yang membendung Kali Brantas. Dam ini oleh warga disebut dengan Rolak Songo. Dinamai demikian karena teradpat sembilan menara untuk membuka-tutup pintu air.

Gowes hari ini meski tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Saya, saya tidak berhenti berlama-lama. Setelah cukup istirahat Saya lanjut gowes lagi. Biar tidak terlalu siang sampai rumah. Biar tidak kepanasan, karena matahari di Mojokerto ini kalau siang juga lumayan menyengat.

No comments:

Post a Comment